Analisis Kemampuan Literasi Matematis dan Pemecahan Masalah Siswa Terhadap Hasil Belajar Aspek Kognitif pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika di Kelas VIII UPT SMPN 13 Medan T.A 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kemampuan literasi matematis dan pemecahan masalah siswa terhadap hasil belajar aspek kognitif dikelas VIII UPT SMPN 13 Medan T.A 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan instrumen tes berbentuk uraian. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII UPT SMPN 13 Medan yang terdiri dari 5 kelas. Dari populasi tersebut yang menjadi sampel dalam penelitian ialah siswa kelas VIII-1. Analisis data menggunakan uji statistic r. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa ada hubungan kemampuan literasi matematis dengan hasil belajar aspek kognitif pada materi barisan dan deret aritmatika. Besar hubungan kemampuan literasi matematis dengan hasil belajar aspek kognitif adalah sebesar 29,92%. Ada hubungan kemampuan pemecahan masalah dengan hasil belajar aspek kognitif pada materi barisan dan deret aritmatika. Besar hubungan kemampuan pemecahan dengan hasil belajar aspek kognitif adalah sebesar 26,72%. Ada hubungan kemampuan literasi matematis dan pemecahan masalah dengan hasil belajar aspek kognitif pada materi barisan dan deret aritmatika. Besar hubungan kemampuan literasi matematis dan pemecahan masalah dengan hasil belajar aspek kognitif pada materi barisan dan deret aritmatika adalah sebesar 62,25%.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]