PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI SPLDV SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANEI TAHUN AJARAN 2023/2024
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah bahan ajar yang akan diajarkan dengan model pembelajaran Game Edukasi Quizzizz berpengaruh digunakan pada pokok bahasan SPLDV di kelas VIII SMP Negeri 1 Panei T.A.2023/2024 terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperiment dengan populasi seluruh siswa kelas VIII yang berada dikelas VIII SMP Negeri 1 Panei yang terdiri dari 7 kelas. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling maka diperoleh sampel dalam penelitian ini sebagai kelas eksperimen (VIII-G) dan sebagai kelas kontrol (VIII-F). Instrumen yang digunakan adalah tes. Maka berdasarkan hasil perhitungan pada kemmapuan pemecahan masalah matematis menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan pemecahan masalah matematis mempunyai nilai rata-rata μ1= 65,93. Pada kelas kontrol kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mempunyai nilai rata-rata μ2= 57,43. Dengan memperhatikan nilai Sig.(2-tailed) yang diperoleh dan hasil rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulkan media pembelajaran Game Berbasis Edukasi Quizizz berpengaruh lebih tinggi dari pada pembelajaran dengan konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi SPLDV di kelas VIII SMP Negeri 1 Panei.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]