• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) BERDASARKAN METODE NEWMAN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SIANTAR NARUMONDA T. P. 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    MARIA PRATIWI FRISILA SIBUEA.pdf (264.0Kb)
    Date
    2023-12-04
    Author
    SIBUEA, MARIA PRATIWI FRISILA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Siswa SMP Negeri 1 Siantar Narumonda mengalami kesulitan terhadap penguasaan materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) yang merupakan materi dalam pembelajaran matematika yang memiliki konsep yang sulit dipelajari, sehingga diperlukan analisis kesalahan hasil pekerjaan siswa untuk mengetahui kesalahan siswa tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan metode Newman dan untuk mengetahui penyebab dari kesalahan tersebut. Metode Newman merupakan metode diagnostik untuk mengidentifikasi kategori kesalahan terhadap jawaban dari sebuah tes uraian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini berupa deskripsi kesalahan-kesalahan siswa dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Siantar Narumonda dalam menyelesaikan soal cerita terkait materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Berdasarkan hasil penelitian, telah ditemukan kesalahan yang paling dominan adalah kesalahan keterampilan proses (E4) dengan persentase 56,19%, diikuti dengan kesalahan transformasi (E3) sebesar 49,52%, kesalahan memahami (E2) dengan persentase 40%, kesalahan penulisan jawaban (E5) dengan persentase 36,19% dan dengan kesalahan membaca (E1) merupakan kesalahan yang paling sedikit dilakukan oleh siswa dengan persentase 2,85%. Adapun penyebab kesalahan siswa meliputi tidak mengerti symbol matematika, kurang mampu menyelesaikan soal cerita, kurang paham materi SPLDV, tidak dapat menentukan rumus atau langkah yang digunakan, kurang teliti seperti salah dalam proses perhitungan serta salah dalam menuliskan informasi dan jawaban.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9624
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback