• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan literasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel kelas X di SMA Katolik 2 Kabanjahe T.A 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    AGUSMAN HAREFA.pdf (368.6Kb)
    Date
    2023-12-04
    Author
    HAREFA, AGUSMAN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran project based learning efektif terhadap kemampuan literasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel kelas X di SMA Katolik 2 Kabanjahe. Jenis penelitian ini adalah quasi exspermien dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA Katolik 2 Kabanjahe T.A 2023/2024. Sampel Penelitian kelas eksperimen di kelas X-I dan kelas kontrol di X- II. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan tes. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan literasi matematis menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed ) sebesar 0,000 < 0.05 pada taraf signifikan 5% yang berarti adanya perbedaaan efektivitas antara model project based learning dengan pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,69 yang berarti terjadi peningkatan pada kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,54 yang artinya terjadi peningkatan pada kategori sedang. Berdasarkan lembar observasi kesesuaian tingkat pembelajaran diperoleh skor 4 yang berarti keseusaian tingkat pembelajaran sudah baik, pencapaian waktu ideal 4,67 yang berarti baik. Berdasarkan perihitungan N- Gain dan lembar observasi kesesuaian tingkat pembelajaran dan waktu model Project Based Learning adanya peningkatan literasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel Kelas X di SMA Katolik 2 Kabanjahe. Berrdasarkan dari indikator-indikator efektivitas bahwa model pembelajaran Project Based Learning lebih efektif terhadap kemampuan literasi matematis siswa pada materi Sistem persamaan linear dua variabel.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9615
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback