Efektivitas model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan literasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel kelas X di SMA Katolik 2 Kabanjahe T.A 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran project based learning efektif terhadap kemampuan literasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel kelas X di SMA Katolik 2 Kabanjahe. Jenis penelitian ini adalah quasi exspermien dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA Katolik 2 Kabanjahe T.A 2023/2024. Sampel Penelitian kelas eksperimen di kelas X-I dan kelas kontrol di X- II. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan tes. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan literasi matematis menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed ) sebesar 0,000 < 0.05 pada taraf signifikan 5% yang berarti adanya perbedaaan efektivitas antara model project based learning dengan pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,69 yang berarti terjadi peningkatan pada kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,54 yang artinya terjadi peningkatan pada kategori sedang. Berdasarkan lembar observasi kesesuaian tingkat pembelajaran diperoleh skor 4 yang berarti keseusaian tingkat pembelajaran sudah baik, pencapaian waktu ideal 4,67 yang berarti baik. Berdasarkan perihitungan N- Gain dan lembar observasi kesesuaian tingkat pembelajaran dan waktu model Project Based Learning adanya peningkatan literasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel Kelas X di SMA Katolik 2 Kabanjahe. Berrdasarkan dari indikator-indikator efektivitas bahwa model pembelajaran Project Based Learning lebih efektif terhadap kemampuan literasi matematis siswa pada materi Sistem persamaan linear dua variabel.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]