• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP NEGERI 2 MUARA T. A. 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    Esra Chatarina Sianturi.pdf (381.4Kb)
    Date
    2023-11-20
    Author
    SIANTURI, ESRA CHATARINA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui keefektivan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan numerasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Muara T. A 2023/2024. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Muara yang terdiri dari 3 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A dan kelas VIII-B yang dianggap memiliki kemampuan awal yang sama. Dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VIII-A) sebanyak 26 orang siswa dan sebagai kelas kontrol (VIII-B) sebanyak 24 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil t hitung 0,000 pada kemampuan numerasi matematis menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% yang berarti ada perbedaan model pembelajaran PBL dengan pembelajaran konvensional. Untuk mengetahui keefektivan model PBL dilihat dari indikator efektivitas yaitu kualitas pembelajaran, kesesuaian tingkat pembelajaran dan waktu. Kualitas pembelajaran dilihat dari daya serap perseorangan, daya serap klasikal dan uji t. Berdasarkan daya serap perseorangan yang menggunakan model PBL terdapat 24 orang siswa yang tuntas dengan nilai diatas 70 dan 2 orang siswa yang tidak tuntas dengan nilai dibawah 70. Berdasarkan daya serap klasikal, untuk persentase ketuntasan klasikal adalah 92,30% dengan kategori sangat tinggi. Hasil lembar observasi kesesuaian tingkat pembelajaran diperoleh skor 4,2 yang berarti keseusaian tingkat pembelajaran sudah baik, pencapaian waktu ideal 4,5 yang berarti baik Maka dapat disimpulkan model pembelajaran Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan numerasi matematis siswa pada materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 2 Muara T. A 2023/2024.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9275
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback