EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT KELAS IX SMP GAJAH MADA T.A. 2022/2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran problem based learning efektif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi persamaan kuadrat kelas IX SMP Gajah Mada. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IX SMP Gajah Mada yang terdiri dari 2 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX-A dengan jumlah total siswa 22 siswa yang dijadikan sampel 22 orang siswa dan kelas IX-B jumlah total siswa 20 siswa yang dijadikan sampel 20 orang siswa yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama.yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas IX-A dan kelas kontrol IX-B. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,73 dan kelas kontrol sebesar 0,45 yang artinya model problem based learning lebih efektif. Maka berdasarkan hasil hitung kualitas tingkat pembelajaran pada kemampuan berpikir tingkat tinggi menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% yang berarti ada perbedaan efektivitas antara model problem based learning dengan pembelajaran biasa diaman model problem based learning lebih efektif. Berdasarkan lembar observasi kesesuaian tingkat pembelajaran diperoleh skor 4 yang berarti kesesusaian tingkat pembelajaran sudah baik, pencapaian waktu ideal 4,75 yang berarti baik. Berdasarkan kualitas pembelajaran dan lembar observasi kesesuaian tingkat pembelajaran dan waktu model problem based learning efektif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi persamaan kuadrat Kelas IX SMP Gajah Mada.
Collections
- Pendidikan Matematika [674]