• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT KELAS IX SMP GAJAH MADA T.A. 2022/2023

    Thumbnail
    View/Open
    FRANSISKUS LOT LABANA TUMANGGOR.pdf (320.2Kb)
    Date
    2023-09-02
    Author
    TUMANGGOR, FRANSISKUS LOT LABANA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran problem based learning efektif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi persamaan kuadrat kelas IX SMP Gajah Mada. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IX SMP Gajah Mada yang terdiri dari 2 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX-A dengan jumlah total siswa 22 siswa yang dijadikan sampel 22 orang siswa dan kelas IX-B jumlah total siswa 20 siswa yang dijadikan sampel 20 orang siswa yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama.yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas IX-A dan kelas kontrol IX-B. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,73 dan kelas kontrol sebesar 0,45 yang artinya model problem based learning lebih efektif. Maka berdasarkan hasil hitung kualitas tingkat pembelajaran pada kemampuan berpikir tingkat tinggi menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% yang berarti ada perbedaan efektivitas antara model problem based learning dengan pembelajaran biasa diaman model problem based learning lebih efektif. Berdasarkan lembar observasi kesesuaian tingkat pembelajaran diperoleh skor 4 yang berarti kesesusaian tingkat pembelajaran sudah baik, pencapaian waktu ideal 4,75 yang berarti baik. Berdasarkan kualitas pembelajaran dan lembar observasi kesesuaian tingkat pembelajaran dan waktu model problem based learning efektif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi persamaan kuadrat Kelas IX SMP Gajah Mada.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8927
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback