• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA KELAS VIII MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL SMP NEGERI 15 MEDAN

    Thumbnail
    View/Open
    MAGDALENA SIAHAAN.pdf (420.6Kb)
    Date
    2023-09-02
    Author
    SIAHAAN, MAGDALENA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan representasi siswa kelas VIII materi sistem persamaan linier dua variabel. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Medan yang terdiri dari 10 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-5 dengan jumlah siswa 25 orang dan kelas VIII-6 dengan jumlah siswa 25 orang yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama. Dengan menggunakan teknik random sampling maka diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-5) dan kelas kontrol (VIII-6). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan representasi siswa menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%, yang berarti ada perbedaan antara efektivitas model problem based learning dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan representasi siswa mempunyai nilai rata-rata 76,24 dan pada kelas kontrol kemampuan representasi siswa mempunyai nilai rata-rata 52,76 yang artinya problem based learning efektif. Maka jika ditinjau dari indikator efektivitas (1) kualitas pembelajaran dengan memperoleh nilai uji u sebesar 0,000 < 0,05 (2) kesesuaian tingkat pembelajaran berada pada kategori “baik” dengan nilai 4,1 (3) waktu pembelajaran berada pada kategori “baik” dengan nilai 4,6. Maka dapat disimpulkan model problem based learning efektif terhadap kemampuan representasi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Medan.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8922
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback