Show simple item record

dc.contributor.authorLUMBANTOBING, SANTA MIRALDA
dc.date.accessioned2023-09-02T02:49:18Z
dc.date.available2023-09-02T02:49:18Z
dc.date.issued2023-09-02
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8920
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui model discovery learning efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IX pada materi lingkaran. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 15 Medan yang terdiri dari 10 kelas. Dengan menggunakan teknik simple random sampling maka diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (IX- 4) dan kelas kontrol (IX-5). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil hitung uji-t pada kemampuan berpikir kritis matematis siswa menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% yang berarti ada perbedaan rata-rata antara model discovery learning dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan berpikir kritis matematis siswa mempunyai nilai rata-rata 77,64 dan pada kelas kontrol kemampuan berpikir kritis matematis siswa mempunyai nilai rata-rata 49,44. Nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen adalah 60,9% yang artinya model discovery learning termasuk dalam kategori cukup efektif. Jika ditinjau dari penetapan efektivitas: (1) kualitas pembelajaran dengan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan N-Gain sebesar 60,9%; (2) kesesuaian tingkat pembelajaran berada pada kategori ‘’baik’’ dengan nilai 3,71; dan (3) waktu pembelajaran berada pada kategori ‘’baik’’ dengan nilai 4,3, maka dapat disimpulkan model discovery learning efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IX SMP Negeri 15 Medan pada materi lingkaran.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran,en_US
dc.subjectDiscovery Learning,en_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritis Matematisen_US
dc.titleEFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 15 MEDAN PADA MATERI LINGKARANen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record