ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK PADA UD. PARNA ULOS BALIGE
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan tidak adanya peningkatan harga jual yang cukup signifikan pada UD Parna Ulos dalam beberapa tahun belakangan, oleh sebab itu peningkatan laba dalam usaha ini pun tidak meningkat juga dengan signifikan. Yang padahal perusahaan ini telah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu, yang mana seperti yang kita ketahui semua barang yang di jual di pasaran biasanya akan mengalami kenaikan harga minimal setiap tahun nya. Adanya penurunan pendapatan masyarakat yang di akibatkan COVID-19 berdampak pada daya beli masyarakat yang semakin menurun juga.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu suatu jenis penelitian dengan cara mengumpulkan, mengklarifikasikan data yang relevan dengan masalah yang diteliti untuk kemudian mengambil kesimpulan dari hasil yang diteliti. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian lapangan dengan sumber data primer dan sekunder. Dan metode pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya beberapa faktor yang mempengaruhhi penentuan harga jual pada UD Parna Ulos pada beberapa tahun terakhir yaitu biaya, biaya cukup mempengaruhi penentuan harga jual ulos pada beberapa tahun terakhir, dalam proses produksi terdapat biaya biaya yang di keluarkan oleh UD Parna Ulos seperti biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, biaya
– biaya perlengkapan dan peralatan serta biaya listrik dan air, berdasarkan produksi yang dilakukan secara terus menerus perusahaan masih menggunakan cara pemasaran yang sama, serta dalam penentuan harga jual UD Parna Ulos hanya melihat harga pasaran yang saat itu sedang berlaku di pasaran.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]