EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIPISPIS T.A 2022/2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran project based learning efektif terhadap kemampuan literasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 1 Sipispis. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sipispis yang terdiri dari 2 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A dengan jumlah total siswa 28 yang di jadikan sampel dan kelas VIII-B jumlah total siswa 26 siswa yang dijadikan sampel. Yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas VIII-A dan kelas kontrol VIII-B. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan literasi matematis menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% yang berarti ada perbedaaan efektivitas antara model project based learning dengan pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,60 dan kelas kontrol sebesar 0,36 yang artinya model project based learning lebih efektif. Maka jika ditinjau dari indikator efektivitas (1) kualitas pembelajaran, dimana hasil nya berdistribusi normal dan homogeni dengan memperoleh nilai uji t dengan nilai 0,00 < 0,005 (2) kesesuaian tingkat pembelajaran berada pada kategori “Baik” dengan nilai 4,0 (3) Waktu berada pada kategori “Baik” dengan nilai 4,5. Dengan demikian model pembelajaran Project Based Learning efektif terhadap kemampuan literasi matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII SMP Negeri 1 Sipispis T.A 2022/2023.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]