• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PELUANG DENGAN PANDUAN KRITERIA WATSON SISWA DI KELAS VIII SMP SWASTA GAJAH MADA

    Thumbnail
    View/Open
    Friska Tulus Fitri Ani Nababan.pdf (219.3Kb)
    Date
    2023-08-25
    Author
    NABABAN, FRISKA TULUS FITRI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian berdasarkan soal-soal yang diberikan kepada 29 orang siswa kelas VIII SMP Swasta Gajah Mada, diperoleh bahwa pada jenis kesalahan data tidak tepat (id) terdapat sebanyak 11 siswa yang melakukan kesalahan, dimana persentase kesalahannya sebesar 37,93%, dimana pada saat mengoperasikan soal, siswa salah dalam memasukkan besar atau nilai variabel. kemudian pada jenis kesalahan prosedur tidak tepat (ip) terdapat 16 siswa yang melakukan kesalahan, dimana persentase kesalahannya sebesar 55,12%, dimana siswa menggunakan prosedur atau cara yang tidak tepat serta melakukan penyelesaian masalah dengan konsep yang keliru. Pada jenis kesalahan data hilang (od) terdapat 8 siswa yang melakukan kesalahan, dimana persentase kesalahannya adalah 27,58%, pada kesalahan ini siswa belum memahami sepenuhnya perintah soal, dimana siswa tidak mengerjakan soal sampai akhir. Kemudian pada jenis kesalahan kesimpulan hilang (oc) terdapat 7 siswa yang melakukan kesalahan, dimana persentase kesalahannya adalah 24,13%, dimana siswa tidak dapat menentukan titik sampel yang benar, sehingga siswa tidak dapat menemukan jawaban akhir dari penyelesaian soal tersebut. Pada jenis kesalahan konflik level respon (rlc) sebanyak 9 siswa yang melakukan kesalahan, dengan persentase kesalahan sebesar 431,03%, dimana letak kesalahan siswa tidak mengetahui secara pasti prosedur serta nilai peluang pada kejadian A dan G. Pada jenis kesalahan manipulasi tidak langsung (um) sebanyak 7 siswa yang melakukan kesalahan, dengan persentase kesalahan sebesar 24,13%, dimana siswa merasa jawaban akhir yang dikerjakannya adalah benar sampai disitu saja. Pada jenis kesalahan masalah hirarki keterampilan (shp) terdapat 13 siswa yang melakukan kesalahan, dengan persentase kesalahan sebesar 44,82%, dimana siswa kurang teliti dalam melakukan keterampilan menghitung, siswa. Dan jenis kesalahan yang terakhir atau jenis kesalahan selain 7 kategori diatas (ao) yaitu terdapat 2 siswa yang melakukan kesalahan, dengan persentase kesalahan sebesar 6,89%.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8896
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback