• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Ekonomi
    • Manajemen
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Ekonomi
    • Manajemen
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KEUNGGULAN KOMPETITIF UMKM SEKTOR FASHION DI KOTA MEDAN DENGAN PENDEKATAN MEDIASI

    Thumbnail
    View/Open
    JESIKA KRISTINA BR. MARBUN.pdf (254.5Kb)
    Date
    2023-06-08
    Author
    BR. MARBUN, JESIKA KRISTINA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendahuluan : Sektor fashion merupakan salah satu faktor yang memiliki potensi untuk mendukung pemulihan ekonomi. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong industri fashion (tekstil dan pakaian jadi) untuk meningkatkan perannya dalam pemulihan ekonomi nasional. Rumusan Masalah: (1) Bagaimana pengaruh kemampuan pemasaran terhadap keunggulan kompetitif? (2) Bagaimana pengaruh kemampuan inovasi terhadap keunggulan kompetitif? (3) Bagaimana pengaruh kemampuan pemasaran terhadap orientasi pasar? (4) Bagaimana pengaruh kemampuan inovasi terhadap orientasi pasar? (5) Bagaimana pengaruh orientasi pasar terhadap keunggulan kompetitif? (6) Bagaimana pengaruh kemampuan pemasaran terhadap keunggulan kompetitif melalui orientasi pasar sebagai mediasi? (7) Bagaimana pengaruh kemampuan inovasi terhadap keunggulan kompetitif melalui orientasi pasar sebagai mediasi? Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kemampuan pemasaran dan kemampuan inovasi terhadap orientasi pasar secara langsung maupun orientasi pasar sebagai mediasi pada keunggulan kompetitif. Metode: Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling. Pengambilan sampel dilakukan dengan single stage cluster. Jumlah sampel atau responden dalam penelitian ini sebanyak 120 responden. Analisis data dengan metode Partial Least Square (PLS) menggunakan software SmartPLS versi 3. Hasil: Hasil penelitian H1a didukung atau diterima, H1b ditolak atau tidak diterima, H2a diterima atau didukung, H2b ditolak atau tidak diterima, H3a tidak diterima atau tidak didukung, H3b dan H3c ditolak diterima atau tidak didukung dimana orientasi pasar digunakan sebagai variabel mediasi ternyata tidak dapat memperkuat pengaruh antara kemampuan pemasaran dan kemampuan inovasi terhadap keunggulan kompetitif bagi pelaku UMKM sektor Fashion di Kota Medan.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8700
    Collections
    • Manajemen [1191]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback