PENGARUH CELEBRITY ENDOSER DAN BRAND CREDIBILITY TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK KECANTIKAN MS GLOW DI KOTA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara celebrity endorser dan brand credibility tarhadap purchase intention produk kecantikan Ms Glow di Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Medan. Dengan jumlah sampel 110 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa variabel celebrity endorser berpengaruh positif terhadap purchase intention dengan memperoleh koefisien regresi sebesar 0,420. Variabel brand credibility berpengaruh positif terhadap purchase intention, dengan memperoleh koefisien regresi sebesar 0,484.
Hasil uji parsial (uji-t) menunjukkan bahwa celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap purchase intention, dengan memperoleh nilai thitung (4.395) > ttabel (1.984) dan diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Variabel brand credibility berpengaruh signifikan terhadap purchase intention, dengan memperoleh nilai thitung (4.806) > ttabel (1.984) dan diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji simultan (uji-F) menunjukkan bahwa variabel celebrity endorser dan brand credibility secara simultan berpengaruh signifikan terhadap purchase intention yang ditunjukkan dengan hasil taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi (R2)
bahwa variabel celebrity endorser dan brand credibility dapat menjelaskan purchase intention sebesar 0,691 atau 69,1%.
Collections
- Manajemen [1151]