PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN YANG DI MEDIASI KEPUASAN PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN JASA OJEK ONLINE GRAB DI KOTA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh persepsi harga dan promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa ojek online Grab di kota Medan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel 150 responden. Hasil penelitian menunjukkan 1). Persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. 2). Promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. 3). Persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. 4). Promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. 5). Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. 6). Persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan, terbukti pada perbandingan pengaruh langsung 0,431 lebih besar dari prngaruh tidak langsung 0,04422 dengan pengaruh total 0,47522. 7). Promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan, terbukti pada perbandingan pengaruh langsung 0,294 lebih besar dari pengaruh tidak langsung
0,03234 dengan pengaruh total 0,32634.
Collections
- Manajemen [1151]