dc.contributor.author | MANALU, SAFITRI MONICASARI | |
dc.date.accessioned | 2022-11-04T02:24:02Z | |
dc.date.available | 2022-11-04T02:24:02Z | |
dc.date.issued | 2022-12-04 | |
dc.identifier.uri | http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7503 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi kesebangunan di SMP Negeri 3 Sorkam Barat tepatnya di kelas IX, jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment, metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan sampel cluster random sampling dan desain penelitian ini menggunakan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 3
Sorkam Barat sebanyak 3 kelas, dari banyak kelas yang ada pada populasi maka dipilih 2 kelas yang memiliki kemampuan kognitif yang sama, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, kelas eksperimen pada peneilitian ini adalah kelas IX-1 dan sebagai kelas kontrol adalah kelas IX-2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi, berdasarkan hasil penelitaian yang dilakukan maka di dapat data hasil nilai posttest kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa nilai asymp.sig.(2-tailed)
0,006 pada tarafsignifikan 5%. Berdasarkan hasil posttest kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 80,00 sedangkan hasil posttest kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 74,00. Maka dari data yang diperoleh dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan lebih tinggi dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi kesebangunan di SMP Negeri 3 Sorkam Barat dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran, | en_US |
dc.subject | Numbered Head Together (NHT), | en_US |
dc.subject | kemampuan komunikasi matematis siswa | en_US |
dc.title | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI KESEBANGUNAN DI SMP NEGERI 3 SORKAM BARAT | en_US |