• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI KESEBANGUNAN DI SMP NEGERI 3 SORKAM BARAT

    Thumbnail
    View/Open
    Safitri Monicasari Manalu.pdf (418.7Kb)
    Date
    2022-12-04
    Author
    MANALU, SAFITRI MONICASARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi kesebangunan di SMP Negeri 3 Sorkam Barat tepatnya di kelas IX, jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment, metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan sampel cluster random sampling dan desain penelitian ini menggunakan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 3 Sorkam Barat sebanyak 3 kelas, dari banyak kelas yang ada pada populasi maka dipilih 2 kelas yang memiliki kemampuan kognitif yang sama, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, kelas eksperimen pada peneilitian ini adalah kelas IX-1 dan sebagai kelas kontrol adalah kelas IX-2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi, berdasarkan hasil penelitaian yang dilakukan maka di dapat data hasil nilai posttest kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa nilai asymp.sig.(2-tailed) 0,006 pada tarafsignifikan 5%. Berdasarkan hasil posttest kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 80,00 sedangkan hasil posttest kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 74,00. Maka dari data yang diperoleh dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan lebih tinggi dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi kesebangunan di SMP Negeri 3 Sorkam Barat dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7503
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback