PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII DI SMP NEGERI 22 MEDAN T. A. 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Bangun Ruang Kelas VIII SMP Negeri 22 Medan T. A. 2021/2022. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Medan yang terdiri dari 5 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah Kelas VIII-2 dan kelas VIII-5 yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama. Namun dikarenakan situasi Covid-19, maka hanya 15 orang siswa dari setiap kelas yang menjadi sampel. Dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VIII-2) dan sebagai kelas kontrol (VIII-5). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil hitung pada kemampuan berpikir kritis menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Dari hasil perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan berpikir kritis mempunyai nilai rata-rata μ_1=82,00. Pada kelas kontrol kemampuan berpikir kritis mempunyai nilai rata-rata μ_2=65,46. Dengan memperhatikan nilai Asymp.Sig (2-tailed) yang diperoleh, maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Bangun Ruang Kelas VIII SMP Negeri 22 Medan T. A. 2021/2022. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas, maka dapat disimpulkan pembelajaran Contextual Teaching and Learning memberi pengaruh lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Bangun Ruang Kelas VIII SMP Negeri 22 Medan T. A. 2021/2022.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]