• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII DI SMP NEGERI 22 MEDAN T. A. 2021/2022

    Thumbnail
    View/Open
    SARTY HERAWATY BR. SORMIN.pdf (307.2Kb)
    Date
    2022-11-04
    Author
    BR. SORMIN, SARTY HERAWATY
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Bangun Ruang Kelas VIII SMP Negeri 22 Medan T. A. 2021/2022. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Medan yang terdiri dari 5 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah Kelas VIII-2 dan kelas VIII-5 yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama. Namun dikarenakan situasi Covid-19, maka hanya 15 orang siswa dari setiap kelas yang menjadi sampel. Dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VIII-2) dan sebagai kelas kontrol (VIII-5). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil hitung pada kemampuan berpikir kritis menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Dari hasil perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan berpikir kritis mempunyai nilai rata-rata μ_1=82,00. Pada kelas kontrol kemampuan berpikir kritis mempunyai nilai rata-rata μ_2=65,46. Dengan memperhatikan nilai Asymp.Sig (2-tailed) yang diperoleh, maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Bangun Ruang Kelas VIII SMP Negeri 22 Medan T. A. 2021/2022. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas, maka dapat disimpulkan pembelajaran Contextual Teaching and Learning memberi pengaruh lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Bangun Ruang Kelas VIII SMP Negeri 22 Medan T. A. 2021/2022.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7498
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback