PENGARUH PERSEPSI SISWA PADA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHANMASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIISISWA SMP N 2 SIMPANG KANAN KABUPATEN ACEH SINGKIL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh persepsi siswa pada model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP N 2 Simpang Kanan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Simpang Kanan yang terdiri dari 3 kelas. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling diperoleh sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII-A yang berjumlah 27 orang.Instrumen penelitian adalah angket dan post-test kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dari analisis data diperoleh untuk persamaan regresi untuk kemampuan pemecahan masalah matematisY ̂ = -38,0707 + 1,3016X. Selanjutnya uji keberartian regresi diperoleh thitung = 41,74, sehingga diperoleh thitung>ttabel atau 41,74 > 4,32. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa pada model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kemudian untuk koefisien determinasi diperoleh r2 = 66,5%, ini berarti besarnya pengaruh persepsi siswapadamodel pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah 66,5%.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]