PEMBELAJARAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 TANJUNG BALAI T.A 2022/2023
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan model kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi operasi hitung bentuk aljabar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tanjung Balai T.A 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII. Sampel dalam penelitian terdiri dari 1 kelas (n = 30). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Simple Random Sampling. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh pembelajaran dengan model kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa (2) Besar pengaruh pembelajaran dengan model kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematis sebesar 81,72%. (3) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. (4) Besar pengaruh pembelajaran dengan model kooperatif tipe think pair share sebesar 78,64%.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]