dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika siswa dan seberapa besar pengaruh yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII SMP Marisi Medan TA. 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan populasi penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Marisi Medan yang terdiri dari sebanyak 33 siswa. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket dan test hasil belajar matematika siswa. Dari hasil perhitungan
diperoleh persamaan regresi Y = 4,754 + 0,787X. Untuk uji kelinearan regresi test diperoleh Thitung = 1,504, maka Thitung < Ttabel atau 1,504 < 2,39 maka Ha diterima maka terdapat hubungan yang linier antara kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis uji kelinieran regresi dan uji keberartian regresi, disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kepercayaan diri (X) terhadap hasil belajar matematika siswa (Y). Dari hasil diatas dapat disimpulkan ada pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika siswa dan besar pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Marisi Medan TA. 2022/2023 adalah 92,47%. | en_US |