• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABELDI KELAS VIII SMP MARISI MEDAN

    Thumbnail
    View/Open
    MEGA OCTAVIA SIMANJUNTAK.pdf (332.9Kb)
    Date
    2022-10-26
    Author
    SIMANJUNTAK, MEGA OCTAVIA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika siswa dan seberapa besar pengaruh yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII SMP Marisi Medan TA. 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan populasi penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Marisi Medan yang terdiri dari sebanyak 33 siswa. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket dan test hasil belajar matematika siswa. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi Y = 4,754 + 0,787X. Untuk uji kelinearan regresi test diperoleh Thitung = 1,504, maka Thitung < Ttabel atau 1,504 < 2,39 maka Ha diterima maka terdapat hubungan yang linier antara kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis uji kelinieran regresi dan uji keberartian regresi, disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kepercayaan diri (X) terhadap hasil belajar matematika siswa (Y). Dari hasil diatas dapat disimpulkan ada pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika siswa dan besar pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Marisi Medan TA. 2022/2023 adalah 92,47%.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7295
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback