Show simple item record

dc.contributor.authorBr. SIMARMATA, PUTRI SONIA
dc.date.accessioned2022-10-26T06:07:47Z
dc.date.available2022-10-26T06:07:47Z
dc.date.issued2022-10-26
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7293
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik pada materi Peluang Kelas VIII di SMP Negeri 40 Medan T.A. 2021/2022. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 40 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A dan kelas VIII-B yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama, yang berjumlah 30 orang dari setiap kelas yang menjadi sampel. Dengan menggunakan teknik Random Sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VIII-B) dan sebagai kelas kontrol (VIII-A). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Analisis data ini menggunakan Uji-t dengan bantuan software SPSS 22.0 for Windows. Berdasarkan hasil hitung pada kemampuan literasi numerasi peserta didik menunjukkan bahwa nilai (sig.) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan literasi numerasi peserta didik mempunyai nilai rata-rata μ_1=83,63. Pada kelas kontrol kemampuan literasi numerasi peserta didik mempunyai nilai rata-rata μ_2=40,57. Dengan memperhatikan nilai (sig.) yang diperoleh maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik pada materi Peluang Kelas VIII di SMP Negeri 40 Medan T.A. 2021/2022. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulkan model pembelajaran Creative Problem Solving memberi pengaruh lebih tinggi daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik pada materi Peluang Kelas VIII di SMP Negeri 40 Medan T.A. 2021/2022.en_US
dc.subjectCreative Problem Solving,en_US
dc.subjectKemampuan Literasi Numerasi.en_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK PADA MATERI PELUANG KELAS VIII DI SMP NEGERI 40 MEDAN T.A. 2021/2022en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record