• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK PADA MATERI PELUANG KELAS VIII DI SMP NEGERI 40 MEDAN T.A. 2021/2022

    Thumbnail
    View/Open
    PUTRI SONIA Br. SIMARMATA.pdf (361.3Kb)
    Date
    2022-10-26
    Author
    Br. SIMARMATA, PUTRI SONIA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik pada materi Peluang Kelas VIII di SMP Negeri 40 Medan T.A. 2021/2022. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 40 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A dan kelas VIII-B yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama, yang berjumlah 30 orang dari setiap kelas yang menjadi sampel. Dengan menggunakan teknik Random Sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VIII-B) dan sebagai kelas kontrol (VIII-A). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Analisis data ini menggunakan Uji-t dengan bantuan software SPSS 22.0 for Windows. Berdasarkan hasil hitung pada kemampuan literasi numerasi peserta didik menunjukkan bahwa nilai (sig.) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan literasi numerasi peserta didik mempunyai nilai rata-rata μ_1=83,63. Pada kelas kontrol kemampuan literasi numerasi peserta didik mempunyai nilai rata-rata μ_2=40,57. Dengan memperhatikan nilai (sig.) yang diperoleh maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik pada materi Peluang Kelas VIII di SMP Negeri 40 Medan T.A. 2021/2022. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulkan model pembelajaran Creative Problem Solving memberi pengaruh lebih tinggi daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik pada materi Peluang Kelas VIII di SMP Negeri 40 Medan T.A. 2021/2022.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7293
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback