Show simple item record

dc.contributor.authorBr. MANURUNG, DESLIYANA
dc.date.accessioned2022-10-26T05:34:51Z
dc.date.available2022-10-26T05:34:51Z
dc.date.issued2022-10-26
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7289
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dan besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII SMP Negeri 40 Medan T. A. 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 40 Medan. Dengan teknik Cluster Random Sampling diperoleh sampel penelitian adalah kelas VIII-C dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Instrumen yang digunakan adalah test hasil belajar siswa dengan bentuk uraian yang telah dilakukan uji validitas, serta lembar observasi siswa. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi Ŷ = 7,6358 + 0,8836X. Pada persamaan regresi tersebut diperoleh nilai b bertanda positif, artinya jika hasil model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together meningkat, maka kemampuan pemecahan masalah siswa juga meningkat. Melalui uji kelinearan regresi diperoleh Fhitung < Ftabel atau 0,45 < 2,45, maka terdapat hubungan yang linear pada model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Melalui uji keberartian regresi diperoleh Fhitung ≥ Ftabel atau 90,84 ≥ 4,21, maka terdapat pengaruh yang berarti pada model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dari uji tersebut disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII SMP Negeri 40 Medan T. A. 2021/2022. Dengan perhitungan koefisien determinasi diperoleh besar pengaruhnya adalah 77%. Dengan demikian model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.en_US
dc.subjectNumbered Head Together,en_US
dc.subjectKemampuan Pemecahan Masalah Matematis,en_US
dc.subjectTeorema Pythagorasen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 40 MEDAN T. A. 2021/2022en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record