• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 40 MEDAN T. A. 2021/2022

    Thumbnail
    View/Open
    DESLIYANA Br. MANURUNG.pdf (340.6Kb)
    Date
    2022-10-26
    Author
    Br. MANURUNG, DESLIYANA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dan besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII SMP Negeri 40 Medan T. A. 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 40 Medan. Dengan teknik Cluster Random Sampling diperoleh sampel penelitian adalah kelas VIII-C dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Instrumen yang digunakan adalah test hasil belajar siswa dengan bentuk uraian yang telah dilakukan uji validitas, serta lembar observasi siswa. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi Ŷ = 7,6358 + 0,8836X. Pada persamaan regresi tersebut diperoleh nilai b bertanda positif, artinya jika hasil model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together meningkat, maka kemampuan pemecahan masalah siswa juga meningkat. Melalui uji kelinearan regresi diperoleh Fhitung < Ftabel atau 0,45 < 2,45, maka terdapat hubungan yang linear pada model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Melalui uji keberartian regresi diperoleh Fhitung ≥ Ftabel atau 90,84 ≥ 4,21, maka terdapat pengaruh yang berarti pada model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dari uji tersebut disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII SMP Negeri 40 Medan T. A. 2021/2022. Dengan perhitungan koefisien determinasi diperoleh besar pengaruhnya adalah 77%. Dengan demikian model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7289
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback