ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII UPT SMP NEGERI 7 MEDAN T.A. 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi numerasi peserta didik di kelas VIII UPT SMP Negeri 7 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan memberikan soal-soal kepada subjek penelitian. Sampel yang diambil penelitian ini menggunakan Purposive Sampling adalah peserta didik di UPT SMP Negeri 7 Medan yaitu kelas VIII2 sebanyak 32 peserta didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan literasi numerasi berupa 5 butir soal uraian (essay test). Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi teknik, dilanjutkan dengan analisis data yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan tujuan dari hasil penelitian yang telah dibuat peneliti maka dapat diketahui ada perbedaan pada kemampuan literasi numerasi peserta didik dalam menyelesaikan soal uji post-test yang dimana pada kemampuan literasi numerasi peserta didik diperoleh 50% pada tingkat tinggi, sedangkan 31% peserta didik yang memiliki kemampuan literasi numerasi tingkat sedang, dan 19% peserta didik yang memiliki kemampuan literasi numerasi tingkat rendah. Dari kemampuan literasi numerasi pada kategori tingkat tinggi dapat dilihat bahwasannya peserta didik mampu menyelesaikan permasalah yang terjadi dikehidupan sehari-hari.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]