dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas IX SMP Nasrani 1 Medan. Adapun Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Nasrani 1
Medan, dengan sampel yang terdiri dari 27 orang yaitu siswa kelas IX sebagai kelas eksperimen.Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik dengan bentuk uraian yang telah dilakukan uji validasi instrument serta lembar observasi pemahaman konsep matematis peserta didik. Dari hasil perhitungan data observasi diperoleh harga Lhitung 0,626457089 untuk n = 27 dan taraf signifikan 0,05 maka harga Ltabel sebesar 0,1665. hasil perbandingannya Lhitung > Ltabel, dengan demikian disimpulkan Ho tidak diterima. Hal ini menunjukkan bahwa data observasi berasal dari populasi yang berdistribusi tidak normal. Dari hasil perhitungan uji normalitas data kemampuan pemahaman konsep matematis diperoleh harga Lhitung 0,129447 dengan untuk n = 27 dan taraf signifikan 0,05 maka harga Ltabel sebesar 0,1665. hasil perbandingannya Lhitung < Ltabel, dengan demikian disimpulkan Ho diterima. Hal ini menunjukkan bahwa data Post- Test berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi pangkatsehingga di dapat dan dengan menggunakan tabel kritis korelasi spearmen untuk n = 27 dan taraf signifikan 0,05 maka di dapat rtabel sebesar
0,324. Sehingga |rhitung| < rtabelatau < 0,324.Maka dapat disimpulkan tidak ada
hubungan antara model problem based learning dangan kemampuan pemahaman konsep matematis. Berdasarkan uji tersebut, disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep matematis siswa pada materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat di kelas IX SMP Nasrani 1 Medan. | en_US |