• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODELPROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT DI KELAS IX SMP NASRANI 1 MEDAN

    Thumbnail
    View/Open
    SUSI SUSANTI.pdf (296.2Kb)
    Date
    2022-02-14
    Author
    SUSANTI, SUSI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas IX SMP Nasrani 1 Medan. Adapun Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Nasrani 1 Medan, dengan sampel yang terdiri dari 27 orang yaitu siswa kelas IX sebagai kelas eksperimen.Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik dengan bentuk uraian yang telah dilakukan uji validasi instrument serta lembar observasi pemahaman konsep matematis peserta didik. Dari hasil perhitungan data observasi diperoleh harga Lhitung 0,626457089 untuk n = 27 dan taraf signifikan 0,05 maka harga Ltabel sebesar 0,1665. hasil perbandingannya Lhitung > Ltabel, dengan demikian disimpulkan Ho tidak diterima. Hal ini menunjukkan bahwa data observasi berasal dari populasi yang berdistribusi tidak normal. Dari hasil perhitungan uji normalitas data kemampuan pemahaman konsep matematis diperoleh harga Lhitung 0,129447 dengan untuk n = 27 dan taraf signifikan 0,05 maka harga Ltabel sebesar 0,1665. hasil perbandingannya Lhitung < Ltabel, dengan demikian disimpulkan Ho diterima. Hal ini menunjukkan bahwa data Post- Test berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi pangkatsehingga di dapat dan dengan menggunakan tabel kritis korelasi spearmen untuk n = 27 dan taraf signifikan 0,05 maka di dapat rtabel sebesar 0,324. Sehingga |rhitung| < rtabelatau < 0,324.Maka dapat disimpulkan tidak ada hubungan antara model problem based learning dangan kemampuan pemahaman konsep matematis. Berdasarkan uji tersebut, disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep matematis siswa pada materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat di kelas IX SMP Nasrani 1 Medan.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6546
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback