• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pembelajaran dengan Scaffolding Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Bilangan Pecahan di Kelas VII SMP Harvard School Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022

    Thumbnail
    View/Open
    Ester Naftalin Pakpahan.pdf (451.1Kb)
    Date
    2022-01-27
    Author
    PAKPAHAN, ESTER NAFTALIN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan Scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Harvard School Medan pada materi bilangan pecahan semester ganjil T.A. 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Harvard School Medan T.A. 2021/2022. Dengan teknik Cluster Sampling, diperoleh sampel penelitian sebanyak 2 kelas yaitu VII-B dan VII-C yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah post-test berbentuk soal uraian yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi keterampilan proses siswa. Setelah dilakukan penelitian pada uji normalitas terhadap variabel X dan variabel Y diperoleh bahwa kedua variabel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan analisis regresi dengan persamaan regresi: Ŷ=87,2914 + (-0,0540)X yang artinya bahwa kenaikan X akan diikuti oleh penurunan Y dan sebaliknya. Kemudian dilakukan uji kelinearan regresi diperoleh Fhit = 0,9278 dan Ftabel = 2,41 yang artinya terdapat hubungan yang linear antara pembelajaran dengan Scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan dari uji keberartian regresi diperoleh Fhit = 0,2183 dan Ftabel = 4,20 yang artinya tidak terdapat pengaruh yang berarti antara pembelajaran dengan Scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Koefisien korelasi r diperoleh r = -0,0675 yang artinya bahwa pembelajaran dengan Scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terdapat hubungan yang lemah atau dengan kata lain memiliki hubungan yang tidak signifikan, dan pada uji keberartian koefisien korelasi diperoleh thit = -0,3579 dan ttabel = 2,05 yang artinya tidak terdapat hubungan yang kuat dan berarti antara pembelajaran dengan Scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Untuk perhitungan koefisien determinasi diperoleh r2 = 0,0045 dan diperoleh besar pengaruhnya adalah 0,45% terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sisanya 99,55% dijelaskan oleh variabel yang tidak diteliti. Dari pembahasan tersebut diperoleh kesimpulan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran dengan Scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6333
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback