PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN PROBLEM BASED INTRODUCTION TERHADAP KONEKSI MATEMATIS PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT KELAS VIII SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan Koneksi matematis antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Rotating trio exchange dengan model pembelajaran Problem Based introduction pada materi Persamaan Kuadrat kelas VIII SMP Negeri 1 Setia Janji. Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan post-test. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Setia Janji yang terdiri dari 5 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1a dan kelas VIII-2a yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama, namun dikarenakan situsi Covid-19 maka hanya 16 orang peserta didik dari setiap kelas yang menjadi sampel. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data maka diberi kesimpulan yaitu ada perbedaan koneksi matematis antara peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe rotating trio exchange dan peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran Problem Based introduction pada materi Persamaan Kuadrat kelas VIII SMP Negeri 1 Setia Janji.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]