dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBL) berorientasi HOTS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan . Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Dengan teknik Simple Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-2). Instrumen yang digunakan adalah tes post test siswa berbentuk uraian yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi keterampilan peserta didik. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata post test kelas eksperimen 67,35 dengan standar deviasi 13,64. Hasil uji prasyarat data post test menyatakan sampel terdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan analisis regresi dengan α = 0,05. Dari uji tersebut dapat di simpulkan tidak ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran berbasis masalah (PBL) berorientasi HOTS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Selama pembelajaran di kelas eksperimen, dilakukan observasi keterampilan proses peserta didik dan diperoleh nilai akhir 83,00 dengan kategori penilaian aktif. Dan untuk observasi keterampilan mengajar guru, dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) berorientasi HOTS diperoleh nilai akhir 89, 3 dengan kategori sangat baik. | en_US |