• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) BERORIENTASIHOTS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHANMASALAH MATEMATIS PESERTADIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUANT.P 2021/2022

    Thumbnail
    View/Open
    JOYA K. SIMANIHURUK.pdf (377.2Kb)
    Date
    2022-01-26
    Author
    SIMANIHURUK, JOYA K.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBL) berorientasi HOTS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan . Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Dengan teknik Simple Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-2). Instrumen yang digunakan adalah tes post test siswa berbentuk uraian yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi keterampilan peserta didik. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata post test kelas eksperimen 67,35 dengan standar deviasi 13,64. Hasil uji prasyarat data post test menyatakan sampel terdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan analisis regresi dengan α = 0,05. Dari uji tersebut dapat di simpulkan tidak ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran berbasis masalah (PBL) berorientasi HOTS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Selama pembelajaran di kelas eksperimen, dilakukan observasi keterampilan proses peserta didik dan diperoleh nilai akhir 83,00 dengan kategori penilaian aktif. Dan untuk observasi keterampilan mengajar guru, dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) berorientasi HOTS diperoleh nilai akhir 89, 3 dengan kategori sangat baik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6329
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback