PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADTOGETHER (NHT)BERBANTU WHATSAPP GRUP TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS X SMA NEGERI 1 KISARAN SEMESTER GANJIL T.P.2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT berbantu Whatsapp Grup terhadap kemandirian belajar matematis peserta didik pada materi bangun ruang kubus dan balok kelas X Di SMA Negeri 1 Kisaran. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kisaran. T.P. 2021/2022. Dengan Teknik Cluster Random Sampling, diperoleh sampel penelitian adalah 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah test uraian terhadap kemandirian belajar yang telah dilakukan uji validitas, serta lembar observasi peserta didik menggunakan model Pembelajaran kooperatif tipe nht. Berbantu Whatsapp Grup , Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi Untuk uji kelinieran regresi post-test diperoleh
Fhitung = 0,025 maka atau maka Ha diterima sehingga terdapat hubungan yang linier antara model Pembelajaran kooperatif tipe nht terhadap kemandirian belajar matematis peserta didik. Kemudian untuk
uji keberartian regresi antar X dan Y diperoleh Fhitung =0.096 maka
atau 0,096 > 6,39 maka Ha diterima sehingga terdapat keberartian regresi antara model Pembelajaran kooperatif tipe nht terhadap kemandirian belajar matematis peserta didik. Berdasarkan hasil analisis uji
kelinieran dan uji keberartian regresi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
antara model Pembelajaran kooperatif tipe nht terhadap kemandirian belajar matematis peserta didik pada materi bangun ruang kubus dan balok. Sehingga diharapkan model Pembelajaran kooperatif tipe nht ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemandirian belajar matematis peserta didik.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]