• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADTOGETHER (NHT)BERBANTU WHATSAPP GRUP TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS X SMA NEGERI 1 KISARAN SEMESTER GANJIL T.P.2021/2022

    Thumbnail
    View/Open
    ASRI WULAN OCTORI TOGATOROP.pdf (548.7Kb)
    Date
    2022-01-24
    Author
    TOGATOROP, ASRI WULAN OCTORI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT berbantu Whatsapp Grup terhadap kemandirian belajar matematis peserta didik pada materi bangun ruang kubus dan balok kelas X Di SMA Negeri 1 Kisaran. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kisaran. T.P. 2021/2022. Dengan Teknik Cluster Random Sampling, diperoleh sampel penelitian adalah 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah test uraian terhadap kemandirian belajar yang telah dilakukan uji validitas, serta lembar observasi peserta didik menggunakan model Pembelajaran kooperatif tipe nht. Berbantu Whatsapp Grup , Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi Untuk uji kelinieran regresi post-test diperoleh Fhitung = 0,025 maka atau maka Ha diterima sehingga terdapat hubungan yang linier antara model Pembelajaran kooperatif tipe nht terhadap kemandirian belajar matematis peserta didik. Kemudian untuk uji keberartian regresi antar X dan Y diperoleh Fhitung =0.096 maka atau 0,096 > 6,39 maka Ha diterima sehingga terdapat keberartian regresi antara model Pembelajaran kooperatif tipe nht terhadap kemandirian belajar matematis peserta didik. Berdasarkan hasil analisis uji kelinieran dan uji keberartian regresi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model Pembelajaran kooperatif tipe nht terhadap kemandirian belajar matematis peserta didik pada materi bangun ruang kubus dan balok. Sehingga diharapkan model Pembelajaran kooperatif tipe nht ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemandirian belajar matematis peserta didik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6318
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback