dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan
pendapatan terhadap keputusan pembelian Starbucks Coffee di Center Point
Medan, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif kausal. Yang menjadi populasi
dalam penelitan ini adalah seluruh pembeli Starbucks Coffee Center Point yang
tidak diketahui jumlahnya secara pasti. Penarikan sampel menggunakan rumus
Lemeshow berjumlah 96 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan pada variabel gaya hidup terhadap keputusan pembelian Starbucks
Coffee di Center Point Medan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian diperoleh
nilai signifikan 0,000 < 0,05 atau t hitung 3,146 > t tabel 1,661. Terdapat
pengaruh positif dan signifikan pada variabel pendapatan terhadap keputusan
pembelian Starbucks Coffee di Center Point Medan. Hal ini dapat dilihat dari
hasil pengujian diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 atau t hitung 5,718 > t tabel
1,661. Dan Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan pada variabel
gaya hidup dan pendapatan terhadap keputusan pembelian Starbucks Coffee di
Center Point Medan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian diperoleh nilai
signifikan X1 dan X2 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 83,605 > F tabel 3,09.
Sedangkan nilai Koefisien Determinasi (R) sebesar 0,635 menunjukan bahwa variable keputusan pembelian mampu dijelaskan oleh variabel gaya hidup dan pendapatan sebesar 63,5%. Sedangkan sisanya sebesar 36,5% dijelaskan oleh variabel lain seperti variabel harga, citra merek, dll.
Disarankan Starbucks Center Point Medan hendaknya tetap mempertahankan kualitas kopi yang memang sudah terkenal dan fasilitasnya yang baik sesuai dengan gaya hidup dan pendapatan para pelanggan Starbucks. | en_US |