PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GRUP INVESTIGASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIII SMP PUTRI DELI T.A 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Grup Investigasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Putri Deli T.A. 2021/2022. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Putri Deli yang terdiri dari 1 kelas dengan sampel yang terdiri dari 20 orang yaitu siswa kelas VIII sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan instrumen berupa tes uraian. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk kemampuan pemecahan masalah matematis : . Pada persamaan regresi kemampuan pemecahan masalah matematis tersebut diperoleh nilai b bertanda positif, artinya kedua variabel mempunyai hubungan linear yang positif atau setiap kenaikan X akan diikuti oleh kenaikan Y. Dari hasil Koefisien Korelasi sebesar 0,96 artinya terdapat hubungan yang sangat kuat antara X dan Y.Koefisien Determinasi r²= (0,96)²= 89,67% artinya besar pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Grup Investigasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Sehingga diharapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Grup Investigasi dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]