Show simple item record

dc.contributor.authorHUTAGALUNG, TIA BASANA
dc.date.accessioned2022-01-10T02:59:43Z
dc.date.available2022-01-10T02:59:43Z
dc.date.issued2022-01-10
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5952
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Open Ended terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Free Methodist 1 Medan T.A. 2021/2022. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Free Methodist 1 Medan yang terdiri dari 3 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 dan kelas VIII-2 yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama, namun dikarenakan situasi Covid-19 maka hanya 15 orang siswa dari setiap kelas yang menjadi sampel. Dengan menggunakan teknik Random Sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VIII-2) dan sebagai kelas kontrol (VIII-1). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan berpikir kritis matematis menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan berpikir kritis mempunyai nilai rata-rata μ_1=85,06. Pada kelas kontrol kemampuan berpikir kritis mempunyai nilai rata-rata μ_2=61,26. Dengan memperhatikan nilai Asymp.Sig (2-tailed) yang diperoleh maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara pendekatan Open Ended terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Free Methodist 1 Medan T.A. 2021/2022. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulkan pendekatan Open Ended memberi pengaruh lebih tinggi daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Free Methodist 1 Medan T.A. 2021/2022.en_US
dc.subjectPendekatan Open Ended danen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritis Matematis.en_US
dc.titlePENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP FREE METHODIST 1 MEDAN T.A. 2021/2022en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record