• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP FREE METHODIST 1 MEDAN T.A. 2021/2022

    Thumbnail
    View/Open
    TIA BASANA HUTAGALUNG.pdf (411.6Kb)
    Date
    2022-01-10
    Author
    HUTAGALUNG, TIA BASANA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Open Ended terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Free Methodist 1 Medan T.A. 2021/2022. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Free Methodist 1 Medan yang terdiri dari 3 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 dan kelas VIII-2 yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama, namun dikarenakan situasi Covid-19 maka hanya 15 orang siswa dari setiap kelas yang menjadi sampel. Dengan menggunakan teknik Random Sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VIII-2) dan sebagai kelas kontrol (VIII-1). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan berpikir kritis matematis menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan berpikir kritis mempunyai nilai rata-rata μ_1=85,06. Pada kelas kontrol kemampuan berpikir kritis mempunyai nilai rata-rata μ_2=61,26. Dengan memperhatikan nilai Asymp.Sig (2-tailed) yang diperoleh maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara pendekatan Open Ended terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Free Methodist 1 Medan T.A. 2021/2022. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulkan pendekatan Open Ended memberi pengaruh lebih tinggi daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Free Methodist 1 Medan T.A. 2021/2022.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5952
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback