PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII SMP SWASTA MUSDA MEDAN T.A. 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa terutama pada materi segiempat dan segitiga menggunakan model pembelajaran STAD pada siswa kelas VII di SMP Swasta Musda Medan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari siklus 1. Siklus 1 sebanyak 2 pertemuan dan siklus 2 sebanyak 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas VII di SMP Swasta Musda Medan. Objek penelitian ini adalah keseluruhan proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VII di SMP Swasta Musda Medan. Instrumen penelitian ini adalah pedoman observasi, soal tes akhir siklus 1 dan siklus 2.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis matematika siswa kelas VII di SMP Swasta Musda Medan setelah sisklu 2 dilaksanakan, khususnya pada materi segi empat dan segi tiga. Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata tiap aspek berfikir kritis yang dicapai siswa pada tes akhir siklus 1 dan setelah tes akhir siklus 2. Yaitu diketahui dan dinyatakan berdasarkan pree tes soal yaitu 55,83% adanya peningkatan pada pos tes siklus 1 adalah 58,17% lalu pada pos tes siklus 2 juga meningkat sebesar 84,33%.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]