PERBEDAAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 3 MEDAN T.A. 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) dan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi aljabar di kelas VII SMP Negeri 3 Medan T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan memberikan perlakuaan yaitu model pembelajaran AIR dan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di kelas sampel. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Medan yang terdiri dari 11 kelas dan dengan pengambilan secara acak, yang menjadi sampel adalah kelas VII-I sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-G sebagai kelas kontrol yang memiliki kemampuan kognitif yang setara, namun dikarenakan situasi pandemi Covid-19 maka hanya 20 orang peserta didik dari setiap kelas yang menjadi sampel. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis maka diperoleh kesimpulan yaitu terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) dan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi aljabar di kelas VII SMP Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2021/2022.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]