• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Aritmatika dengan Panduan Kriteria Watson dari Siswa Kelas VIII SMP Nasrani 1 Medan T.P 2021/2022

    Thumbnail
    View/Open
    MERIKA SINAGA.pdf (218.2Kb)
    Date
    2021-12-07
    Author
    SINAGA, MERIKA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Skripsi ini membahas tentang analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmatika berdasarkan kriteria watson kelas VIII SMP Nasrani 1 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmatika berdasarkan kategori Watson. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan memberikan soal-soal pada subjek penelitian, dimana penelitian ini melibatkan 36 siswa kelas VIII SMP Nasrani 1 Medan dan mengambil 5 siswa dengan nilai terenda sebagai subjek untuk wawancara. Hasil penelitian menunjukkan Kesalahan dalam data tidak tepat dengan persentase kesalahan 63,88% terdapat berbagai macam kesalahan seperti: siswa belum bisa memahami maksud ataupun konsep soal. Kesalahan dalam prosedur tidak tepat dengan persentase kesalahan 69,44%, terdapat berbagai macam kesalahn antara lain siswa belum mengerti kapan dan dimana rumus itu akan digunakan. Kesalahan dalam data hilang dengan persentase 66,66%, terdapat berbagai macam kesalahan antara lain: tidak membuat jalan untuk mencari jawaban akhir. Kesalahan dalam kesimpulan hilang dengan persentase 55,55% terdapat berbagai kesalahan diantaranta kesalahan dalam menyimpulkan hasil akhir yang disebabkan oleh salah dalam penjumlahan akhir. Kesalahan dalam konflik level respon dengan persentase kesalahan 47,22%, terdapat berbagai macam kesalahan antara lain kesalahan dalam menentukan jawaban akhir. Kesalahan dalam masalah hirarki keterampilan dengan persentase kesalahan 27,77% terdapat berbagai macam kesalahan antara lain siswa belum mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan manipulasi perkalian dan tidak tidak mampu mengerti dengan apa yang dikerjakan siswa tersebut pada lembar jawabannya.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5660
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback