• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP BUDI SETIA

    Thumbnail
    View/Open
    FEBI PALENTINA MANALU.pdf (350.8Kb)
    Date
    2021-12-07
    Author
    MANALU, FEBI PALENTINA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi bangun ruang kubus dan balok di kelas VIII SMP Budi Setia. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah quasi experimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Budi Setia yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII – C yang terdiri dari 33 siswa. Hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi dari hasil penelitian ini Y ̂=96,050+0,74X. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien kolerasi untuk kemampuan pemecahan masalah matematika diperoleh r = 0,737 berarti terdapat hubungan yang kuat antara model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Dari uji kelinieran regresi diperoleh Fhitung > Ftabel, sehingga H0 diterima Ha ditolak, maka terdapat hubungan yang linier antara model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Dari uji keberartian kolerasi diperoleh thitung > t¬tabel atau 6,069 > 1,695, sehingga H0 ditolak Ha diterima, ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Dan untuk koefisien determinasinya diperoleh r2 = 0,5383% ini berarti ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik sebesar 53%, selebihnya diharapkan faktor lain. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tornament) dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5659
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback