Show simple item record

dc.contributor.authorBr. SINABANG, ELICIA OKTAVIANA
dc.date.accessioned2021-12-07T03:31:17Z
dc.date.available2021-12-07T03:31:17Z
dc.date.issued2021-12-07
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5654
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Drilling terhadap keaktifan belajar matematika siswa pada materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan di kelas VII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2021/2022. Dengan Teknik Cluster Random Sampling, diperoleh sampel penelitian adalah 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah test hasil belajar yang telah dilakukan uji validitas, serta lembar observasi peserta didik menggunakan model Pembelajaran kooperatif tipe Snowball Drilling. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi (Y_ ) ̂= 43,01+ 0,509X. Dari hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh rhitung = 0,4189. Dengan rhitung = 0,4189 diketahui keeratan hubungan model Pembelajaran kooperatif tipe Snowball Drilling terhadap keaktifan belajar matematika siswa cukup. Sedangkan pada koefisien determinasi ini diperoleh hasil perhitungan yakni〖 r〗^2 = 0,294%. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Drilling terhadap keaktifan belajar matematika siswa sebesar 29,4% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil uji koefisien korelasi dan uji koefisien determinasi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model Pembelajaran kooperatif tipe Snowball Drilling terhadap keaktifan belajar matematika siswa pada materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan di kelas VII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Sehingga diharapkan model Pembelajaran kooperatif tipe Snowball Drilling ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Drilling,en_US
dc.subjectKeaktifan Belajar Matematika.en_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL DRILLING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN PECAHAN DI SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2021/2022en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record