• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL DRILLING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN PECAHAN DI SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2021/2022

    Thumbnail
    View/Open
    ELICIA OKTAVIANA Br. SINABANG.pdf (230.6Kb)
    Date
    2021-12-07
    Author
    Br. SINABANG, ELICIA OKTAVIANA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Drilling terhadap keaktifan belajar matematika siswa pada materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan di kelas VII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2021/2022. Dengan Teknik Cluster Random Sampling, diperoleh sampel penelitian adalah 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah test hasil belajar yang telah dilakukan uji validitas, serta lembar observasi peserta didik menggunakan model Pembelajaran kooperatif tipe Snowball Drilling. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi (Y_ ) ̂= 43,01+ 0,509X. Dari hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh rhitung = 0,4189. Dengan rhitung = 0,4189 diketahui keeratan hubungan model Pembelajaran kooperatif tipe Snowball Drilling terhadap keaktifan belajar matematika siswa cukup. Sedangkan pada koefisien determinasi ini diperoleh hasil perhitungan yakni〖 r〗^2 = 0,294%. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Drilling terhadap keaktifan belajar matematika siswa sebesar 29,4% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil uji koefisien korelasi dan uji koefisien determinasi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model Pembelajaran kooperatif tipe Snowball Drilling terhadap keaktifan belajar matematika siswa pada materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan di kelas VII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Sehingga diharapkan model Pembelajaran kooperatif tipe Snowball Drilling ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5654
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback