dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Model Pembelajaran Cooperative- Meaningful Intructional Design (C-MID) terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik pada materi aljabar. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan Pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Medan yang terdiri dari 11 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-H sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-K sebagai kelas kontrol yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama, namun dikarenakan situasi Covid-19, maka hanya 20 orang peserta didik dari setiap kelas yang menjadi sampel. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data maka diberi kesimpulan yaitu terdapat pengaruh Model Pembelajaran Cooperative- Meaningful Intructiona Design (C-MID) terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik pada materi aljabar di kelas VII SMP Negeri 3 Medan. | en_US |