Show simple item record

dc.contributor.authorBr. Nainggolan, Santi Maria
dc.date.accessioned2021-02-04T03:11:13Z
dc.date.available2021-02-04T03:11:13Z
dc.date.issued2020-09-14
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5019
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Apakah Ada Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Materi Relasi dan Fungsi di Kelas VIII Desa Marindal I Semester Ganjil T.A. 2020/2021”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi yaitu seluruh peserta didik kelas VIII di Desa Marindal I yang berjumlah 17 orang. Dengan teknik Sampling Jenuh dengan jumlah sampel 17 orang. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi yaitu Ŷ= 8,4930 + 0,9035X. Pada persamaan regresi nilai (b) = 0,9035 bertanda positif, yang artinya bahwa variabel mempunyai hubungan linear yang positif. Berdasarkan perhitungan uji keberartian regresi diperoleh Fhitung  Ftabel atau 62,22  4,54 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh yang berarti antara variabel X terhadap variabel Y. Berdasarkan perhitungan uji koefisien korelasi diperoleh rhitung sebesar 0,8976 dengan taraf signifikan 5% dan N = 17 diperoleh rtabel sebesar 0,482 berdasarkan tingkat keeratan hubungan maka dapat disimpulkan bahwa variabel X dan variabel Y memiliki hubungan yang sangat kuat/tinggi. Berdasarkan perhitungan uji keberartian koefisien korelasi diperoleh thitung  ttabel atau 7,8885  2,13145 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang kuat dan signifikan antara variabel X terhadap variabel Y. Dan berdasarkan perhitungan uji koefisien determinasi diperoleh r2 = 0,8058 atau 80,58% sehingga dapat disimpulkan bahwa besar pengaruh antara model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik sebesar 80,58% selebihnya dipengaruhi faktor lain.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Problem Based Learning,en_US
dc.subjectKemampuan Pemahaman Konsep Matematis,en_US
dc.subjectMateri Relasi dan Fungsien_US
dc.titlePengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Materi Relasi dan Fungsi di Desa Marindal I T.A. 2020/2021en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record