Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Materi Relasi dan Fungsi di Desa Marindal I T.A. 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Apakah Ada Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Materi Relasi dan Fungsi di Kelas VIII Desa Marindal I Semester Ganjil T.A. 2020/2021”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi yaitu seluruh peserta didik kelas VIII di Desa Marindal I yang berjumlah 17 orang. Dengan teknik Sampling Jenuh dengan jumlah sampel 17 orang. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi yaitu Ŷ= 8,4930 + 0,9035X. Pada persamaan regresi nilai (b) = 0,9035 bertanda positif, yang artinya bahwa variabel mempunyai hubungan linear yang positif. Berdasarkan perhitungan uji keberartian regresi diperoleh Fhitung Ftabel atau 62,22 4,54 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh yang berarti antara variabel X terhadap variabel Y. Berdasarkan perhitungan uji koefisien korelasi diperoleh rhitung sebesar 0,8976 dengan taraf signifikan 5% dan N = 17 diperoleh rtabel sebesar 0,482 berdasarkan tingkat keeratan hubungan maka dapat disimpulkan bahwa variabel X dan variabel Y memiliki hubungan yang sangat kuat/tinggi. Berdasarkan perhitungan uji keberartian koefisien korelasi diperoleh thitung ttabel atau 7,8885 2,13145 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang kuat dan signifikan antara variabel X terhadap variabel Y. Dan berdasarkan perhitungan uji koefisien determinasi diperoleh r2 = 0,8058 atau 80,58% sehingga dapat disimpulkan bahwa besar pengaruh antara model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik sebesar 80,58% selebihnya dipengaruhi faktor lain.
Collections
- Pendidikan Matematika [625]