Show simple item record

dc.contributor.authorBarus, Yeni Saswita
dc.date.accessioned2021-02-04T02:58:53Z
dc.date.available2021-02-04T02:58:53Z
dc.date.issued2020-06-29
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5017
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi aritmatika sosial dikelas VII SMP Negeri 1 Tigalingga T.P. 2020/2021 dan besar pengaruh pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi aritmatika sosial dikelas VII SMP Negeri 1 Tigalingga T.P. 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tigalingga, dengan teknik Simpel random sampling diperoleh sampel penelitian adalah 18 orang karena penelitian dilakukan pada saat pandemik covid’19. Istrumen yang digunakan adalah test hasil belajar peserta didik dengan bentuk uraian yang telah dilakukan uji validitas, serta lembar observasi peserta didik mengunakan pendektan RME (Realistic Mathematics Education). Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi Y= 51,181 + 0,415X. nilai b dalam persamaan regresi tersebut adalah positif yang artinya jika pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) meningkat maka kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik juga meningkat dan melalui uji kelinieran regersi diperoleh r_(hitung )>r_tabel atau 4,28 > 3,20 maka terdapat hubungan yang linier antara pendekatan RME ( Realistic Mathematics Education) dengan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dan melalui uji keberartian regresi antara X dan Y diperoleh F_(hitung )>F_tabel atau 64,23 > 4,49 maka terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) dengan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik sehingga terdapat pengaruh antara pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi aritmatika sosial dikelas VII SMP Negeri 1 Tigalingga T.P 2020/2021, Dengan perhitungan koefisien determinasi diperoleh besar pengaruhnya adalah 80.05 %. Dengan demikian pendekatan pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.en_US
dc.subjectRME (Realistic Mathematics Education),en_US
dc.subjectKemampuan pemecahan masalahen_US
dc.titlePENGARUH PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DIKELAS VII SMP NEGERI 1 TIGALINGGA T.P. 2020/2021en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record