• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DIKELAS VII SMP NEGERI 1 TIGALINGGA T.P. 2020/2021

    Thumbnail
    View/Open
    Yeni Saswita Barus.pdf (344.7Kb)
    Date
    2020-06-29
    Author
    Barus, Yeni Saswita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi aritmatika sosial dikelas VII SMP Negeri 1 Tigalingga T.P. 2020/2021 dan besar pengaruh pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi aritmatika sosial dikelas VII SMP Negeri 1 Tigalingga T.P. 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tigalingga, dengan teknik Simpel random sampling diperoleh sampel penelitian adalah 18 orang karena penelitian dilakukan pada saat pandemik covid’19. Istrumen yang digunakan adalah test hasil belajar peserta didik dengan bentuk uraian yang telah dilakukan uji validitas, serta lembar observasi peserta didik mengunakan pendektan RME (Realistic Mathematics Education). Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi Y= 51,181 + 0,415X. nilai b dalam persamaan regresi tersebut adalah positif yang artinya jika pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) meningkat maka kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik juga meningkat dan melalui uji kelinieran regersi diperoleh r_(hitung )>r_tabel atau 4,28 > 3,20 maka terdapat hubungan yang linier antara pendekatan RME ( Realistic Mathematics Education) dengan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dan melalui uji keberartian regresi antara X dan Y diperoleh F_(hitung )>F_tabel atau 64,23 > 4,49 maka terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) dengan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik sehingga terdapat pengaruh antara pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi aritmatika sosial dikelas VII SMP Negeri 1 Tigalingga T.P 2020/2021, Dengan perhitungan koefisien determinasi diperoleh besar pengaruhnya adalah 80.05 %. Dengan demikian pendekatan pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5017
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback