Show simple item record

dc.contributor.authorSaragi, Anggi Petrasia
dc.date.accessioned2021-02-04T02:48:08Z
dc.date.available2021-02-04T02:48:08Z
dc.date.issued2020-09-12
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5015
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi pola bilangan di Kelas VIII Kecamatan Delitua T. A. 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu 40 siswa kelas VIII SMP yang berada di Kelurahan Delitua Barat, seluruh siswa dipilih menjadi sampel dengan membentuk 2 kelompok, yaitu: kelompok 1 sebagai kelas eksperimen I diajarkan dengan model discovery learning, kelompok 2 sebagai kelas eksperimen II diajarkan dengan model kooperatif tipe jigsaw. Instrumen yang digunakan berupa tes dalam bentuk essay yang telah dilakukan uji validitas instrumen. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen I adalah 82,2 dengan standar deviasi 6,77 dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen II adalah 73,3 dengan standar deviasi 10,14. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji analisis varians data post-test diperoleh Fhitung = 2,243 dan Ftabel = 2,18. Ternyata Fhitung> Ftabel sehingga H0 ditolak yang berarti ada perbedaan dari kedua sampel tersebut. Karena H0 ditolak maka dilanjut ke uji hipotesis. Uji hipotesis dua pihak dengan α = 0,05 diperoleh thitung = 3,27 dan ttabel = 2,09, dimana thitung tidak terletak pada interval -ttabel = -2,09 dan ttabel = 2,09 sehingga ada perbedaan dari kedua sampel. Artinya ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi pola bilangan di Kelas VIII Kecamatan Delitua T. A. 2020/2021.en_US
dc.subjectDiscovery Learning,en_US
dc.subjectKooperatif tipe jigsaw,en_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kreatifen_US
dc.titlePERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI POLA BILANGAN DI KELAS VIII KECAMATAN DELITUA T. A. 2020/2021en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record